Tuesday, September 7, 2010

pajak

design by : Javier

Kita semua mungkin sangat mengiginkan negara yang memiliki fasilitas yang baik dan nyaman. Tetapi itu semua tidak mungkin terjadi apabila tidak dilakukan pembangunan dan pemeliharaan terhadap negara yang membutuhkan dana tentunya. Salah satu sumber negara yang paling besar adalah pajak. Pajak adalah iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undang sehingga dapat dipaksakan dengan tiada mendapat balas jasa secara langsung. Pajak dipungut penguasa berdasarkan norma-norma hukum untuk menutup biaya produksi barang-barang dan jasa kolektif untuk mencapai kesejahteraan umum.

Apabila kita lihat pada gambar poster di atas, kita dapat menggunakan pohon sebagai simbol suatu negara. Pohon yang hidup dapat menjadi subur dan juga bisa menjadi layu, bahkan mati. Semua itu tergantung dari bagaimana cara kita merawatnya. Berbagai cara dapat kita lakukan untuk merawat pohon, dan salah satu cara yang paling baik untuk menyuburkan pohon adalah dengan memberikan pupuk. Apabila pupuk tersebut kita berikan dengan baik dan secara rutin, maka semakin baik pula pohon tersebut tumbuh. Kita hanya menunggu waktu untuk pupuk tersebut bekerja dan diproses oleh pohon. Sebagai hasilnya yang dapat kita petik dari pohon yang baik tersebut, kita akan mendapat buah yang baik, segar, dan manis. Maka sama halnya dengan suatu negara yang kita berikan pupuk, berupa pajak. Negara tersebut akan menjadi sangat baik, seperti pohon yang subur. Pembayaran pajak yang kita lakukan secara rutin dan jujur maka negara kita juga akan semakin baik. Kita hanya perlu mendukung pemerintah untuk memproses dan menunggu pajak yang telah kita bayar, untuk membangun negara yang baik.Dan sebagai buah yang baik dari negara, maka kita akan mendapatkan fasilitas, pelayanan, keamanan, dan kenyamanan yang layak dan baik pula dari negara.


design by: Javier

Ketika pajak diproses hingga menjadi buah, janganlah mencoba-coba untuk mengganggu proses tersebut. Jangan mengambil pajak yang telah di bayar oleh rakyat untuk negara. Pajak adalah hasil jerih payah rakyat. Sama saja dengan sebuah pohon, apabila ditumbuhi parasit yang hanya mengambil sarinya saja, tanpa memberi keuntungan apapun untuk pohon, malah merugikannya. Karena parasit ini, semua pupuk yang telah kita beri untuk pohon, dicuri oleh parasit, sehingga pohon tidak memiliki makanan yang cukup. Dan hasilnya membuat pohon tersebut layu bahkan mati. Demikian juga dengan negara, apabila terdapat banyak koruptor, maka negara kita juga akan rusak dan tidak terjaga karena tidak adanya dana. Janganlah jadi parasit negara. Mungkin anda dapat merasakan kenikmatan sendiri, tetapi anda sama saja memberikan warisan yang anda rusaki sendiri kepada cucu-cucu anda. Mari kita semua sadar dari sekarang, untuk memberi pupuk kepada negara, dan bersama-sama memberantas parasit dari negara kita. 

No comments:

Post a Comment